Tawaf

Dalam pengertian umum, ibadah tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Tiga putaran pertama dilakukan dengan berlari-lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya dapat dikerjakan dengan berjalan biasa.

Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad (tempat batu hitam) dengan Baitullah ada di sisi tubuh kita.

Syarat-syarat tawaf

Dalam menyelenggarakan tawaf, jamaah harus dalam keadaan wudhu, suci dari hadas besar dan kecil. Wanita yang sedang haid atau nifas tidak diperbolehkan melaksanakan tawaf.

Syarat dan tata cara pelaksanaan tawaf adalah sebagai berikut :

  1. Berniat akan melakukan tawaf
  2. Menuju ke garis cokelat, tanda batas putaran tawaf yang letaknya searah Hajar Aswad.
  3. Menghadap ke Ka’bah lalu ber-istilam (mengangkat tangan kanan ke arah hajar Aswad) dan memberi isyarat mengecupnya, sambil mengucapkan “Bismillahi wallahu akbar”
  4. Memulai putaran pertama sambil membaca do’a.
  5. Sampai di Rukun Yamani, mengusap Rukun (bila memungkinkan atau cukup dengan mengangkat isyarat tangan saja) sambil mengucapkan “Bismillahi Wallahu Akbar”
  6. Melewati rukun Yamani maka sampai ke Hajar Aswad, garis start cokelat, maka selesailah seru putaran.
  7. Teruskan dengan putaran berikutnya sampai selesai putaran ketujuh yang akan berakhir di Hajar Aswad.

Jika wudhu batal pada saat melaksanakan tawaf, segera berhenti dan bersucilah kembali dengan air atau bertayamum. Setelah itu ulangi putaran saat batalnya wudhu dan lanjutkan sampai selesai. Ini berarti, putaran yang dilakukan sebelum batal adalah sah dan dapat dimasukan hitungan.

Setelah selesai tawaf lanjutkan dengan ibadah berikutnya, usahakan sesuai dengan urutan :

  1. Berdo’a atau munajat di Multazam.
  2. Shalat sunnah dan berdoa di maqam Ibrahim.
  3. Shalat sunnah di Hijir Ismail, lanjutkan dengan do’a.
  4. Minum air Zamzam dan berdo’a.

Macam-Macam Tawaf

Tawaf terdiri dari empat macam yaitu tawaf Ifadah, tawaf Qudum, tawaf Wada dan tawaf Sunnah.

Tawaf Qudum

Tawaf Qudum disebut juga tawaf Dukhul yaitu tawaf Pembukaan atau tawaf Selamat Datang. Tawaf ini dilakukan pada waktu jamaah baru tiba di Mekah. Setiap kali masuk Masjidil Haram, Nabi Muhammad Saw. lebih dulu melakukan tawaf sebagai ganti shalat Tahiyyatul masjid. Maka, tawaf ini pun disebut juga tawaf Masjidil Haram.

Tawaf Ifadah

Tawaf Ifadah adalah salah satu dari beberapa rukun haji, yang harus dilaksanakan sendiri. Jika tidak melaksanakan tawaf ini, maka hajinya batal. Tawaf ini disebut juga tawaf Ziarah atau tawaf Rukun.

Para ulama sepakat bahwa tawaf Ifadah merupakan rukun haji yang harus dilaksanakan oleh setiap orang yang melakukan ibadah haji. Berikut ini pendapat para Imam tentang waktu tawaf Ifadah :

  • Hanafiyah, Waktu tawaf Ifadah dimulai dari fajar hari Nahr (10 Dzulhijjah) sampai akhir bulan sesudah seseorang melakukan wukuf di Arafah.
  • Malikiyah, Waktu tawaf Ifadah dimulai dari fajar hari Nahr (10 Dzulhijjah) sampai akhir bulan Dzulhijjah, sehingga apabila ada jamaah haji meninggalkan (mengakhiri) dari waktu tersebut maka terkena dam.
  • Syafi’iyah, Waktu Tawaf Ifadah dimulai sejak setelah pertengahan kedua malam hari Nafar (10 Dzulhijjah) dan akan berakhir sampai jamaah haji mengerjakannya (kapan saja) selama hidupnya. Sedang waktu afdhal (utama) untuk mengerjakannya ialah pada hari Nafar (10 Dzulhijjah)

Tawaf Wada

“Wada” artinya perpisahan. Tawaf Wada atau tawaf Perpisahan adalah salah satu ibadah wajib untuk dilaksanakan sebagai pernyataan perpisahan dan penghormatan kepada Baitullah dan Masjidil Haram. Tawaf ini cukup dikerjakan dengan berjalan biasa. Tawaf Wada disebut juga tawaf Shadar (tawaf Kembali) karena setelah itu jamaah akan meninggalkan Mekah untuk pulang ke negara masing-masing. Pelaksanaan tawaf Wada sama dengan tawaf yang lainnya. Akan tetapi, do’a yang dibaca berbeda untuk semua putaran.

Tawaf Sunnah

Merupakan tawaf yang bisa dilakukan kapan saja. Kalau dilakukan saat baru memasuki Masjidil Haram, tawaf ini berfungsi sebagai pengganti shalat Tahiyatul Masjid. Tawaf Sunnah inilah yang dimaksud dengan tawaf Tathawwu’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s